Thursday, July 1, 2010

Sebuah catatan kehidupan (8): - DAMN RACIST-!!

Taken From my old Facebook's Note (Thursday, June 25, 2009 at 2:43am)

Wahh.... siang tadi, gw ngalamin hal yg kaga enak bgt =_=!!

sebenernya sih bukan hal yg terlalu serius buat di tanggepin..
cuma kuping ini tiba-tiba panas aja nge dengernya!..

udah lama bgt gw kaga nge denger hal yg tiba-tiba secara spontan buat gw meradang!!..
walaupun setelah dipikir-pikir, heran juga gw, ngapain harus ditanggepin dengan esmosi jiwa yh ^^!

udah lama banget gw kaga berurusan dengan sifat yg namanya rasis..
terakhir kalo gak salah inget itu, sekitar SMA.. yg buat gw brantem & harus bikin surat pernyataan di ruang Bimbingan Konseling ^^!

emang bener klo gw punya darah jepang!! kakek gw dulunya juga kempetai.. walaupun setelah itu ngebelot masuk PETA..

SO WHAT!!??..

heran gw.. emang ada yg salah dengan keturunan ASIA TIMUR yang hidup di indonesia ??


gak semuanya orang keturunan asia timur itu kaya", pelit, kikir, jahat, memperlakukan bawahannya seenak udel, meng eksklusifkan diri...

gw punya banyak temen dari berbagai lapisan.. dari yg bule ampe yg tionghoa, dari yang bersuku aceh sampe papua..

ada orang batak "yang katanya" kasar malah lebih lembut dari orang jawa "yang katanya" lembut..
malahan, ada orang jawa "yang katanya" lembut, lebih kasar dari orang batak "yang katanya" kasar!..

ada orang tionghoa "yang katanya" pelit & sombong, malah lebih bersahaja dan membumi dari orang pribumi..
(wew.. pribumi.. bahasa darimana tuh =_=!!)

emang ada yg salah, klo gw masih punya darah jepang sama belanda ??!

emangnya seseorang cuma dinilai dari dia keturunan siapa gitu ??!!

kadang-kadang, gw heran...
jaman gw SD ampe SMP dulu.. bahkan SMA.. paling sering dikata-katain "Jepang" penjajah".. (atw belanda sial!) =_=!!..

lhahh.. jaman" gw kuliah ampe sekrg.. malah banyak yg pada gila per-JEPANG-an.. =_=!!..

kalo gak ke jepang"an, katanya gak gaul.. gak keren..
klo belon foto pake YUKATA blm keren, belon berpose ala SAMURAI, belum mantep!..

malah ada tuh yang gw jumpai, orang itu lebih malu kalo foto pake baju tradisionalnya..
kalo pake blangkon, kata orang itu malah kayak orang pulang kondangan!!.. =_=!!
gw malah bangga tuh, lahir di indonesia, make baju sorjan ala adat jawa.. walaupn ada yang bilang kayak tukang sunat.. BODO AMAT!!

blon tau tu orang, klo bule" disono malah bangga pake baju adat indonesia..

denger lagu dangdut & genre melayu, katanya gk keren, dibilang kampungan!..
"jablay bgt sih lu vin, kok sukanya dengerin ST 12..", " dengerin J-ROCK dong!!", kata temen gw..
gw bales dengan santai.." mending gw denger ST 12, drpd gw denger J-ROCK yg plagiat itu.. gk banget deh!!"

wew.. =_=!!

heran... kenapa banyak orang jadi salah kaprah gini yah... jadi banyak stereotipe yg salah yh...

anyway, tadi gw sempet surfing".. trus nemu almat ini:
- http://www.facebook.com/TiongHoa.Indonesia

trus ngebaca" postingan note mereka, ada satu yg ngebwt gw tertarik:
" Streotipe yang salah " ( http://www.facebook.com/note.php?note_id=95701580237&ref=mf )

suatu note yg ngebwt kita berpikir ulang..

apa iya, manusia itu hanya dilihat dari bungkus dan darah keturunannya doang ??.. Pribumi & non-pribumi, sebaiknya istilah itu dihapuskan saja!

No comments:

Post a Comment