Thursday, July 1, 2010

Sebuah catatan kehidupan (4) : - Ryozo Uchida - Tribute to my Japanese grandpa

Taken From my old Facebook's Note (Sunday, May 24, 2009 at 3:35pm)

Note ini gw buat untuk mengenang mendiang kakek Jepang gw, yang sangat berjasa dalm mendidik gw..



udh berulang-ulang gw dengerin "HEAVEN AND EARTH" nya Kitaro.. satu-satunya lagu yang langsung bisa bikin gw nangis seperti anak kecil..

pikiran gw melayang jauh ke kejadian setaon lalu..

kemarin (19/5), adalah tepat setaon kakek gw meninggal..

lagi”, gw gk bisa ikut pulang menemui beliau untuk yang terakhir kalinya… pas datangpun udh telat..

Gw ngerasa sangat sangat terpukul sekali… segala macam perasaan berkecamuk di dada ini.. begitu ayahku memberitahu via telp klo kakek jepang gw udh tiada… sebelum gw nyampe disana..

Jarang banget ketemu, sekalinya pulang, malah gk sempet ngelihat jenazahnya..

kembali ke masa kini..

Seketika itu juga, pikiran gw melayang jauuuuuuhhh sekali kembali ke masa kecil dulu… masa dimana pertama kalinya gw ditempa..

kakek gw lah yang mengajarkan gw teknik berpedang… masa” dimana waktu itu, hukuman, tawa, tangis, kesakitan, kegembiraan, semua menjadi satu dalam latihan waktu itu… entah kenapa setelah dewasa kayak gini, gw justru melupakan hal tersebut, dan teringat kembali saat kakekQ tiada..

Disaat bocah seumuran gw yg laen pada asyik bermain bersama dunianya.. gw udh ditempa habis"an..
saking (terlalu) kejamnya.. gw bahkan sering kabur & bolos..

"kenapa harus aku, kenapa..?!! bukankah cucu kakek selain aku masih banyak..?!!"..

anehnya.. kakek gw gk marah.. yg ada malah guratan kekecewaan serta kesedihan yang terpancar di mata beliau.. " suatu saat.. kamu akan mengerti, mengapa kakek menempamu seperti ini..mungkin jawaban itu akan kamu temukan setelah kakek pergil" sambil berlalu meninggalkan gw sendirian..

yahh.. pada akhirnya gw temukan jawaban itu.. setelah kakek gw tiada..

mungkin, klo gw tidak ditempa sekeras itu, gw hanyalah akan menjadi sampah yang tak berguna, menjadi lelaki pecundang & pengecut, yang manja.. & lemah..

Karena kakek gw jua lah, gw mati”an membela harga diri darah jepang ini… selain pada jaman itu diskriminasi lagi kenceng-kencengnya.. terutama gw yg punya 2 darah penjajah..

segala macam hinaan, pukulan, hantaman, ejekan, sindiran, caci dan maki akibat “keanehan” dan darah jepang gw ini, membuat gw berani untuk berkelahi demi membela nama baik kakek ku…

anehnya, yg ada malah gw dihukum,gara-gara ilmu kenjutsu nya gw pake brantem.. "kemampuan yang besar, membutuhkan tanggung jawab yang besar pula!!.." sambil memukul tangan ini dengan rotan..

dlulnya gw tidak sama sekali mengerti akan hal itu.. gw pun menemukan arti semua itu, juga setelah kakek gw tiada..

gw tau, jepang itu penjajah, sejarah tidak akan mungkin bisa di ubah, walau hanya 3,5 tahun tapi rasa sakitnya sangat membekas di kalbu Indonesia.. terutama karena romusha dan jugun ianfu nya.. tapi kakek gw bukan penjajah… justru karena beliau melihat 2 hal itu, beliau memutuskan untuk membelot menjadi tentara PETA, beliau tidak tahan melihat semua penindasan itu…

Tapi hal itu bukan satu-satunya sebab, gw membela nama baik beliau… beliau lah orang pertama yang mengajarkan arti hidup…

bahwa hidup itu tidak boleh menyerah.. seorang samurai pantang mengatakan kata menyerah sebelum nyawa ini hilang dari tubuh…bahwa seorang samurai baru akan menyarungkan KATANA nya saat kematian tiba..

(heheh.. make "hakama"nya kebalik ^^!!)
 
seorang laki - laki itu harus kuat, karena kalo tidak kuat mana mungkin dia bisa melindungi orang” yang berarti dalam hidupnya, orang” yang membutuhkan tenaga dan perlindungan.. juga melindungi wanita yang dicintai.. karena kamu juga terlahir dari rahim mereka

“cinta yang sejati itu tidak pernah terbagi.. tidak akan pernah.. selayaknya hidup yang seperti 2 sisi mata pedang, dan jalan pedang itu tajam, dan karena hidup itu adalah perjuangan.. dengarkan kata hatimu, maka kamu akan menemui jalannya “.. suatu hari kakek gw pernah mengatakan hal ini ke gw…

Sebagai anak pertama, gw harus dituntut lebih atas segalanya, suatu hal yang terkadang gw pun tidak mengerti sampai sekarang...

gw juga harus mencari jati diri ini sendiri.. siapa gw, kenapa gw “seperti ini” dari lahir..semua pertanyaan yang harus gw cari sendiri jawabannya..

kenapa gk ada satupun yang nganggep gw anak normal.. apa itu kebenaran, mengapa harus ada kekerasan.. kenapa setiap perbedaan harus dipermasalahkan…

Cuma beliau berdua yang peduli dengan gw, yang mengerti gw dengan segala “keanehan” yang gw bawa dari lahir ini… yang juga menuntun hidup ini..

Setelah eayang putri yang tak bisa gw temui waktu beliau tiada, sekarang giliran kakek jepang gw…
Gw emang benar” cucu yang kurang ajar…

Betapa gw tidak bisa menerima, saat jasad beliau dibungkus kain kafan, dan pelan – pelan jasad orang yang sangat kuhormati itu, mulai dimasukkan ke liang kubur…

Sekarang setelah beliau berdua tiada, sepertinya gk akan ada lagi yang mencoba belajar menerima gw dengan segala keanehan serta kekurangannya…

Tampaknya… gw akan benar” sendirian di dunia ini…

(Sayonara Ryozo-Sama.. Ki O Tsukete ne... maaf.. saya belum bisa berbuat banyak untuk membuat kakek bangga...)

- The Point is:
" terkadang, makna dari suatu kejadian yang kita alami dalam hidup kita (baik atw buruk), tidak langsung kita rasakan seketika.. bisa saat itu juga.. atau bahkan.. bisa 3 -5 tahun ke depan... karena semua hal yang kita alami dalam hidup ini, adalah pembelajaran.."

No comments:

Post a Comment