Thursday, July 1, 2010

My Country INDONESIA (13): -Indonesian Super Heroes-

Diambil dari NOTE FB gw yang lama ( Friday, November 20, 2009 at 8:14pm)

Indonesia A team-up of classic Indonesian superheroes created between the 1950s and '70s.

From left to right and bottom to top is: Pangeran Mlaar [Prince Elongated], Maza, Gundala [Lightning] (created by Hasmi), Putri Bintang [Princess Star] (created by Johnlo), Aquanus (created by Wid NS), Sri Dewi (created by RA Kosasih), Sembrani [Magnet] (created by Hasmi), Nusantara (created by Mater), Godam [Hammer] (created by Wid NS), Kalong [Flying Fox] (created by Hasmi), Boga (created by Nono GM), Garuda Putih [White Garuda] (created by Johnlo), Jin Kartubi [Kartubi The Genie] (created by Hasmi), Herbintang (created by Banu), Tira (created by Nono GM), Kapten Halilintar [Captain Thunder] (created by Jan Mintaraga), Merpati [The Dove] (created by Hasmi), Gina (created by Gerdi WK).


Mungkin Banyak yang tidak tahu, jauh sebelum anime manga jepang merajai dunia komik Indonesia & sebelum DC & Marvel Komik masuk ke tanah air, Indonesia sudah mempunyai para komikus" handal yang menciptakan tokoh" superhero buatan negeri sendiri..

dan gw cukup beruntung menikmati karya" komikus seperti Ganes T.H. (si buta dari goa hantu), Teguh Santosa (Mahabharata), Jan Mintaraga, Bastian Tito (wiro sableng 212), dan sang legenda R.A Kosasih.. & masih banyak lagi.. sayangnya gw lupa namanya ^^!!

FYI, Ganes T.H.bersama dengan Jan Mintaraga dan Teguh Santosa merupakan “Tiga dewa komik Indonesia”, Kisah dalam komik-komiknya begitu memikat hati pembaca komik Indonesia di era tahun 1970 sampai 1980-an.

Ganes TH dengan "Si Buta Dari Gua Hantu" bersama dengan Jan Mintaraga dan Teguh Santosa merupakan salah satu ikon puncak sejak Kho Wan Gie, R.A. Kosasih, Zam Nuldyn, dan Taguan Hardjo.

Sayangnya koleksi komik" Indonesia gw, raib tak berbekas.. gara" sering berpindah" tempat tinggal ngikut pekerjaan bokap T_T

memang, sedikit banyak ada beberapa karakter yang sama dgn karakter luar.. yg ini gw no comment aja deh.. rancu soalnya.. yang mana yang bener ^^!

so..dibawah ini gw mau nampilin brtokoh ini cuma buat nge - review bahwa kita dulunya pernah punya komikus" handal & juga punya banyak tokoh superhero yang gak kalah keren daripd anime ataupun DC & Marvel..

AYO BANGKIT Dunia Komik Indonesia!!

enjoy :)

1) THE LEGENDS

R.A KOSASIH (3 April 1919) - Bapak Komik Indonesia



RA Kosasih dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia, a trully indonesian superheores. Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda.Kosasih mulai menggambar pada tahun 1953 lalu ia mulai berhenti dan pensiun pada tahun 1993.

Mahabharata dan Ramayana karya Kosasih yang kini berusia 90 tahun, bersama komik Wayang Purwa karya S. Ardisoma, dan komik Jabang Tutuka karya Oerip meramaikan khasanah komik wayang waktu itu. Komik Mahabharata diselesaikan dalam waktu hanya dua tahun. Rata-rata ia dapat menyelesaikan 2 jilid, 48 halaman per jilid, setiap bulan.

Teguh Santosa (1 Februari 1942-25 Oktober 2000) - Dewa Komik Indonesia

Profil


Teguh, komikus yang sebelumnya dikenal antara lain lewat trilogi Sandhora (Sandhora, Mat Romeo, dan Mencari Mayat Mat Pelor), mencoba menuturkan kembali kisah itu dengan gaya penceritaan dan tafsir visualnya yang khas.

Pedomannya, "Mahabharata versi Nyoman S. Pendit", kata Dhani Valiandra, putra kedua Teguh. Dalam komiknya, di halaman pembuka setiap judul, Teguh menyebut pula Sejarah Wayang Purwo karangan Hardjowirogo dan Mahabharata versi R.A. Kosasih.

Berbeda dengan Kosasih, yang meletakkan komik wayangnya dalam "properti" Sunda, Teguh memilih Jawa. Hal lain yang dilakukannya adalah menyisipkan versi Jawa jika versi itu berbeda dengan aslinya (misalnya tentang Srikandi, yang dalam versi Jawa digambarkan sebagai seorang perempuan).

Ketika menggarap Mahabharata pada 1984, Teguh sudah mencapai puncak kemampuan teknisnya. Sebagai komikus, dia bagaikan pendekar jagoan dalam karya-karya silatnya, terutama cerita-cerita yang meleburkan dunia nyata dan alam siluman, yang lahir setelah dia merampungkan trilogi Sandhora dan komik lain berlatar sejarah: ilmunya komplet dan dia bisa berlaga dengan jurus yang mana pun.

"Buat saya, Teguh mencapai puncak kemampuan teknisnya pada komik-komik mistik dan futuristik itu, misalnya Cakramanggilingan", kata Seno Gumira Ajidarma, wartawan yang memperoleh gelar doktor dengan disertasi tentang komik. "Tapi, secara keseluruhan, tidak ada karya Teguh yang buruk."

Dari kesan sekilas saja untuk Mahabharata, sejak judul pertama (Lahirnya Bisma), Teguh menyajikan gambar-gambar dengan goresan dan penataan nan rapi; secara artistik menunjukkan kelasnya sebagai komikus yang dianggap sebagai salah satu maestro.


- BHARATAYUDHA



Cerita asli dari tanah India ini pertama kali dijadikan komik oleh R.A. Kosasih sekitar tahun 50-an. kisah kuno yang berasal dari India dan telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Dari generasi ke generasi cerita yang sarat dengan ajaran moral tersebut, terus diadaptasi hingga akhirnya menjelma menjadi sebuah epos yang menyatu dengan budaya Tanah Air.

Bharatayudha remake. still using Teguh santoso artwork


Kini Komik wayang "Mahabharata" karya almarhum Teguh Santoso terbit lagi, dan oleh penerbitnya PLUZ+ disebut sebagai babak baru dalam reinkarnasi komik pewayangan khas Indonesia.



PLUZ+ meluncurkan penerbitan ulang komik "Mahabharata" itu, Jumat 19 Juni 2009, di CityWalk Sudirman Jakarta yang merupakan kerjasama penerbit itu dengan Sari Rasa Group.

The Heroes:

- GATOT KACA - The man Of Steel-nya Indonesia

taken from:

http://www.facebook.com/album.php?aid=3937&id=1654427953#/isahorreg


The Flying Knight of Pringgadani, Seorang tokoh dalam wiracarita Mahabharata yang dikenal sebagai putra Bimasena atau Werkudara dari keluarga Pandawa. Ibunya yang bernama Hidimbi (Arimbi) berasal dari bangsa rakshasa, sehingga ia pun dikisahkan memiliki kekuatan luar biasa. Dalam perang besar di Kurukshetra ia banyak menewaskan sekutu Korawa sebelum akhirnya gugur di tangan Karna.

Taken From:

http://dibot.multiply.com/reviews/item/561?&item_id=561&view:replies=reverse


Rencana Karna untuk menggunakan Panah Kunta untuk menghadapi Arjuna. Tetapi melihat Gatotkaca begitu perkasa menghancurkan pasukan Kurawa. Pihak Kurawa putus asa dan meminta Karna untuk membunuh Gatotkaca tetapi Gatotkaca tidak bisa dihadapi karena Gatotkaca bisa tebang dan bersembunyi di balik awan dan kebal dengan semua senjata pusaka yang ada. Akhirnya Karna tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan Panah Kunta. Karena beliau sadar kalau Gatotkaca tidak dibinasakan maka seluruh Pasukan Kurawa lah yang akan binasa. Dan matilah Gatokaca. Jatuh dari atas langit meremuk bumi. Sebelum menyentuh bumi, Gatotkaca membesarkan tubuhnya sebesar gunung dan membunuh ribuan pasukan Kurawa.

- PANDAWA

From left To Right:
- Yudhistira, Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa


Pandawa adalah sebuah kata dari bahasa Sanskerta yang secara harfiah berarti anak "Pāṇḍu" (Pandu), yaitu salah satu Raja Hastinapura dalam wiracarita Mahabharata. Dengan demikian, maka Pandawa merupakan putra mahkota kerajaan tersebut. Dalam wiracarita Mahabharata, para Pandawa adalah protagonis sedangkan antagonis adalah para Korawa, yaitu putera Dretarastra, saudara ayah mereka (Pandu).

Para Pandawa merupakan tokoh penting dalam bagian penting dalam wiracarita Mahabharata, yaitu pertempuran besar di daratan Kurukshetra antara para Pandawa dengan para Korawa serta sekutu-sekutu mereka. Kisah tersebut menjadi kisah penting dalam wiracarita Mahabharata, selain kisah Pandawa dan Korawa main dadu.

Taken From:

- http://hndrnt26.deviantart.com/art/Pandawa-V-107118931


Para Pandawa terdiri dari lima orang pangeran, tiga di antaranya (Yudistira, Bima, dan Arjuna) merupakan putera kandung Kunti, sedangkan yang lainnya (Nakula dan Sadewa) merupakan putera kandung Madri, namun ayah mereka sama, yaitu Pandu.

2) GUNDALA - PUTRA PETIR (GUNDALA - SON OF THUNDER)

A Duel with His Fierce Rival: Athon


ini karkter favorit gw, tokoh komik ciptaan Hasmi (25 Desember 1946) yang muncul pertama kali pada tahun 1969. Sedikit banyak terpengaruh komik superhero Amerika pada desain karakter maupun jenis kekuatannya, meskipun alur ceritanya bergaya Indonesia. Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta meskipun dalam filmnya pada tahun 1982 diceritakan berada di Jakarta.

About Gundala:

*Real Name*: Sancaka.
*Identity/Class*: Human technology user
*Occupation*: Scientist (in comic version), scientist and instructor (movie version).
*Affiliations*: Godam, Aquanus, Maza , Tira, Merpati, Boga, Kalong, Kartubi, Sembrani, Pangeran Mlaar.
*Enemies*: Ghazul, Pengkor, Ki Wilawuk, Athon.
*Known Relatives*: Sedhah Esti Wulan (Merpati, wife), Kronz (adoptive father), Tirhapy (relationship unspecified)
*Aliases*: Son of Lightning
*Base of Operations*: Indonesia
*First Appearance*: Gundala Putera Petir (Gundala series,Kentjana Agung Publishing, 1969). *Powers/Abilities*: Able to fire lightning at varying intensities from his palm, lightning punch, electrical spark from his finger, typhoon speed run.

History:

Old Comic of Gundala.


Seorang peneliti jenius bernama Sancaka menemukan serum anti petir. Tenggelam dalam ambisinya sebagai seorang ilmuwan, dia melupakan hari ulang tahun Minarti, kekasihnya, yang berakibat putusnya hubungan mereka. Sancaka yang patah hati berlari dengan hati galau di tengah hujan deras. Tiba-tiba sebuah petir menyambarnya. Dalam keadaan koma ia ditarik oleh suatu kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz, sekaligus diberkati kemampuan super yaitu bisa memancarkan geledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kekuatan lari secepat angin.



Sejak itulah, di waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya tampak mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung. Ia adalah kawan mereka yang lemah dan musuh bagi para pencoleng.

3) GODAM

The Old Comic of GODAM


Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS (Yogya,22 November 1938-26 Desember 2003). Muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969.Genre komik adalah Fantasi, dan masih terpengaruh dengan komik amerika. Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta.

For more info of the sketcher:
- http://garang76.deviantart.com/ -


About Godam:

*Real Name*: Godam from Godam land (not human reality), merged with the human, his name: Awang. *Identity/Class*: Extra-dimensional magic user
*Occupation*: (Godam) Rebel, warrior; (Awang) Truck/cab driver
*Affiliations*: Gundala, Aquanus,Maza, Tira, Merpati, Boga, Kalong, Kartubi, Sembrani, Pangeran Mlaar.
*Enemies*: Roh Setan/Doktor Setan, Sang Kolektor, Bocah Atlantis, G.A.S., Mpu Selamawa, Kucing Merah.
*Known Relatives*: Unidentified father, Gedibalbanda (foster father, deceased), Bapa Kebenaran, Dewi Pengasuh Sukma, Pipit, Shundra, Noor Slamet (relationships unspecified)
*Aliases*: None
*Base of Operations*: Indonesia.
*First Appearance*: Dr. Setan (Godam series, Kentjana Agung Publishing, 1969).
*Powers/Abilities*: Flying, super strength, invulnerable (can be rendered vulnerable through exposure to the emerald eyes ray of Kucing Merah).

History:

Superman VS Godam ??


Godam berasal dari dimensi lain di mana terdapat negeri yang bernama Godam. Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

Dalam pelariannya Godam mendapatkan benda-benda sakti yaitu baju sakti yang bisa menjadikannya sangat kuat dan kebal dan kain bendera yang membuatnya bisa terbang.

4) Wiro Sableng 212



Wiro Sableng atau Pendekar 212, adalah nama tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh Bastian Tito (23 Agustus 1945 – 2 Januari 2006).Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang tekenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah "212" di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru.

5) Si Buta dari Goa Hantu



Salah satu pahlawan fiksi Indonesia karya Ganes TH (seorang seniman warga negara Indonesia keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Tangerang) yang sangat terkenal yang pertama kali muncul dalam sebuah komik berjudul sama pada tahun 1967 dan kemudian muncul kembali dalam beberapa judul sampai akhir tahun 1980-an.

kiisah tentang seorang pendekar bernama Barda Mandrawata yang membutakan matanya sendiri demi menguasai jurus si Mata Malaikat untuk membalaskan dendam karena Mata Malaikat telah membunuh ayah dan saudara-saudara seperguruannya. Setelah menuntaskan dendamnya, tiba-tiba Barda diserang oleh seorang pendekar misterius bernama Sapu Jagat. Akibat serangan itu Barda Mandrawata terjatuh ke dalam jurang dan ternyata di dalamnya terdapat sebuah gua. Sewaktu sedang beristirahat, Barda dikejutkan oleh munculnya seekor ular raksasa yang menyerangnya. Setelah bertarung dengan sisa-sisa tenaganya ular tersebut akhirnya tewas di tangannya.


Tternyata di dalam gua banyak pahatan di dinding yang menuliskan dan menggambarkan jurus-surus silat. seorang pertapa sakti pernah tinggal di dalam sana dan meninggalkan pahatan ilmu silatnya untuk diwariskan. Barda pun lalu mempelajari dan melatih ilmu tersebut. Ia bertahan hidup dengan memakan daging ular yang dikeringkan, lalu kulitnya dijadikan pakaian (trade mark-nya, pendekar berbaju kulit ular).



Setelah mengausai ilmu tersebut, Barda Mandrawata pun berkelana untuk membasmi kebatilan dan kejahatan sebagai pendekar berjuluk Si Buta dari Gua Hantu.

Si Buta dari Goa Hantu - remake version

Seri cergam si Buta dari Gua Hantu ini memperlihatkan wawasan nusantara dan nasionalisme Ganes TH yang begitu kental. Menceritakan perjalanan Barda Mandrawata ke berbagai pelosok nusantara dari Banten, Bali, Sulawesi, bahkan sampai ke Flores. Selain itu potret bangsa Indonesia yang tertindas oleh penjajahan Belanda (asing), sampai dengan orang-orang yang tega menindas bangsa sendiri demi kedudukan dan harta, sedikit banyak masih relevan dengan kondisi bangsa ini sekarang.

6) CAROQ



Caroq adalah seorang karakter superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq diciptakan pada tahun 1992 published by Qomik Nasional in Bandung in 1996.Nama aslinya adalah Ongko, berprofesi sebagai supir taksi. Ia memiliki kekuatan magis untuk merubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki dua bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

About Carok

Kalayaan (Filipino Superhero) & Caroq


*Real Name*: Ongko *
Identity/Class*: Human magic user
*Occupation*: Taxi driver
*Affiliations*: None
*Enemies*: Si Tangan Empat, Si Bengis.
*Known Relatives*: None
*Aliases*: None
*Base of Operations*: Indonesia
*First Appearance*: Si Bengis (Caroq series, Dian Rakyat Publishing, 1996)
*Powers/Abilities*: Agility, supernaturally skilled martial artist, armed with a pair of sacred clurit (maduranese blade)
*History*: Unknown

7) Sri Asih



Pada 1953 itu pun Kosasih mencipta komik Sri Asih yang mengadaptasi tokoh superhero Wonder Woman terbitan King Feature Syndicate. “Sri Asih itu Sri yang punya sifat pengasih, tapi juga sakti sekali. Kesaktiannya tak terbatas. Meriam pun dilawan,” tuturnya.



Berbeda dari Wonder Woman yang berpakaian modern, Sri Asih memakai kain kebaya dan kemben. Gadis berambut panjang dengan mata besar, memakai mahkota, giwang, dan manik di dahi–mirip perempuan India–itu jago berkelahi, bertenaga dahsyat, dan bisa terbang.

Sri Asih yang merupakan penjelmaan Nani, gadis kurang cerdas, keponakan seorang pejabat yang kerap dikirim ke Kalkuta dan New York, itu mengalahkan lawan-lawannya: Serigala Hitam, Bajak Laut, Kawa-Kawa, dan dedemit lain.

Sri Asih - Remake version


apabila dia mengucapkan kata sakti "Dewi Asih" maka ia akan berubah menjadi superhero wanita yang bisa terbang, kebal, berkekuatan super, bisa menggandakan diri dan memperbesar diri. Kisah-kisah Sri Asih tidak hanya berlokasi di Indonesia tapi juga sampai ke Singapura dan Macao.


8) WINDA GANG



Komik ini langsung terbit dalam empat buku berwarna dengan kertas HVS ukuran A5 berjumlah 24 halaman. Menceritakan asal muasal Winda Gang. Sebuah Gang pembela kebenaran yang dimotori oleh seorang Kapten desersi dan Winda, seorang wanita yang menggunakan power pack yang bisa digunakan untuk terbang. Buku pertama menceritakan bibit munculnya srikandi baru ini, jauh sebelum sang srikandi dewasa. Di buku kedua sang srikandi mulai muncul dibekali ilmu beladiri dan keberanian mencoba menjegal sepak terjang sebuah sindikat narkoba. Di buku ketiga sang srikandi busurnya patah dan harus menghilang dari kancah perjuangan. Disaat sang srikandi menyembuhkan luka-lukanya sang Kapten yang merawat sang srikandi mengambil alih mencoba melawan para penjahat pengacau bangsa. Buku keempat? Waah… nanti spoiler, dong.



Sampulnya jelas keliatan gambarnya Anto. Tapi isinya digarap oleh Wisnoe Lee, ilustrator dari Gibug, sang pengemudi bajaj yang lugu.

Cerita buku pertama berjudul “Pelarian”, buku kedua berjudul “Tantangan”, Buku ketiga berjudul “Putus Asa”, dan buku terakhir berjudul “ Penyelamatan”. Cerita jagoan wanita, yang bukan termasuk superhero, Winda selain mengandalkan keahlian beladiri, juga kecerdasan, dan dibantu alat-alat canggih beserta gangnya yang selalu membantunya dalam menyelesaikan misinya. Wanita pemberani ini dengan gagahnya hadir di perkomikkan Indonesia.

BUSEEEETTTTT!!!! Panjang amat yak ^^!!

moga" yang ngebaca postingan gw -terutama yang seneng bikin komik- bisa terinspirasi :)
sebenernya sih masih banyak.. tapi.. segitu dulu aja deh ^^!!..

Anyway, maap kalo repost ^^!

Mau Istirahat dulu :D



Source:

- www.jagoancomic.com/karakt
erdankomik.html
- www.internationalhero.co.uk/i/indonesia.htm
- Kaskus
- Wikipedia
- bharatayudha.multiply.com/photos/album/31/Comics_RA_Kosasih_
- garang76.deviantart.com/gallery/
- danangprobotanoyo.multiply.com/photos/album/32/KOMIK_KARYA_TEGUH_SANTOSA#photo=1
- http://karpetbiru.multiply.com/reviews/item/13
- Some articles of my own

No comments:

Post a Comment