Thursday, July 1, 2010

Sebuah catatan kehidupan (7): - Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, kuman di seberang lautan kelihatan -

Taken From my old Facebook's Note (Monday, June 8, 2009 at 12:45am )

Menghangatnya situasi ketegangan antara malay & indo jadi semakin menjadi"...

terlebih setelah dipacu oleh kasus manohara & ambalat (gw sih lebih prefer ngikutin perkembangan ambalat)..

Klo gw sih ga' terlallu ambil pusing dengan kasus begituan..walaupun kadang" gemes juga dengan sikap malaysia yg suka "mancing" & sikap pemerintah kita yang(menurut gw) kaga tegas..

Perang "emosi" kata-kata tidak hanya terjadi di dunia nyata, di dunia maya malah lebih "tajam" dan lebih "seru"!!

Coba deh temen-temen buka situs dibawah ini:

- http://www.indoncelaka.blogspot.com/
- http://www.facebook.com/group.php?gid=68311750529&ref=nf

2 situs yang saling berlawanan..

yang pada intinya, masing" mengklaim paling bener..

Awalnya sih gw juga ikut"an tersulut juga...

tapi lama kelamaan hal ini membuat gw tertawa...

kasus ini makin lama makin lucu!!...

kenapa gw bilang lucu...??...

dulu sebelum ada kasus ini...

- SEBAGIAN BESAR ORANG TIDAK PERNAH PEDULI DENGAN BANGSA INIi..

masing" disibukkan dengan urusan perut.. saling sikut sana sikut sini...

"boro-boro mau peduli dengan budaya, mau makan aja susah!!".. suatu hari gw pernah ngobrol" bertukar pikiran dengan beberapa temen..

Pengalaman gw yang laen...

Sewaktu gw pernah disuruh sama guru budaya gw menemani seorang tamu budaya dari Belanda (Meneer van de gouw) di kraton, si meneer pernah bertanya kyk gini ke gw:

"KENAPA KEBANYAKAN ORANG INDONESIA SANGAT MALU KALO BERPAKAIAN ADAT DARI BUDAYANYA MEREKA.. ??.. MENGAPA MEREKA LEBIH MEMILIH BANGGA PADA BUDAYA BARAT, SEDANGKAN SAYA (ini si meneer van der gouw yang ngomong) LEBIH MENCINTAI BUDAYA INDONESIA, KARENA SAYA BISA MENEMUKAN FILOSOFI ARTI HIDUP DISINI (Indonesia).."

gw jawab:" apa yang menjadikan dasar anda bertanya demikian ?.."

si meneer menjawab,katanya waktu dia ngajar tentang budaya jawa di SASTRA JAWA S2 di universitas Leiden, ada muridnya yg bertanya demikian padanya..(Bahkan sastra jawa S2 pun di indonesia tidak punya!! =_=!!)

dan juga dari singapore (kevin tan), berkunjung ke jogjakarta beberapa bulan yg lalu.. yang hobbynya fotografi..

dia sempet geleng-geleng kepala menyayangkan begitu banyak coret-coret di situs-situs budaya...

dan sempet bertanya ke gw,"kenapa di situs" budaya yang megah ini banyak sekali vandalisme.. apa orang indonesia tidak bangga dengan budayanya sendiri ?"

Waktu itu gw speechless, bingung harus ngejawab apa...sambil melihat salah satu sudut candi boko yg tercoret" oleh tangan" B*NGS*T!!

Padahal 2 orang asing diatas tadi, sangat" menikmati budaya" tradisional yg mereka temui selama di Indonesia ..

gw jadi inget pengalaman temen gw yg hunting foto di Candi Tugu (Semarang):

"Kalau mau ke candi ini, letaknya di Jalan Mangkang km 11, sekitar 2 km dari IAIN Walisongo, berada di sisi kanan jalan. Selamat menikmati, dan persiapkan fisik anda, karena anda harus melewati tangga menanjak sebelum anda menikmati situs itu..."

relief renofasi dari pemerintah belanda..


Sayang sekali...



sewaktu msh berkecimpung di friendster..

Foto guru budaya gw yg make pakaian adat jawa, dikomentarin, seperti tukang sunat!!.. WTF!!..
dan.. foto gw yg make baju adat juga pernah dikomentarin katrok & ngampung!.. =_=!!

yg ingin gw sampeikan bukan tentang foto" gw & guru budaya gw..

tapi..

jangan disalahkan jjka negara" ini pada akhirnya akan "dimakan" oleh negara-negara asing..
Budaya" yang mencirikan status bangsa ini akan semakin menghilang..

di satu sisi, gw sangat tidak suka jika budaya bangsa ini diklaim oleh negara" lain..
tapi disini lain, sepertinya akan lebih baik buat peninggalan bersejarah itu jika di "rawat" oleh negara-negara asing itu..

toh, di tempat asalnya, indonesia, mereka malah tidak terurus & terawat, malah hancur oleh tangan" jahil anak bangsa sendiri..

Jadi, terkadang ada benarnya juga jika malaysia yang menganmbil budaya kita, daripada lama kelamaan peninggalan luhur itu malah hancur ditangan kita..

so..

SEBELUM KITA MENGHINA, MARAH, DAN MENJELEKKAN MALAYSIA (DAN ORANG LAIN), HARUSNYA KITA BERFIKIR..

dan BERTANYA PADA DIRI SENDIRI...

SUDAHKAH KITA "BERKACA" SEBELUM MERENDAHKAN NEGARA ITU (DAN ORANG LAIN) ??

Source:

- http://semarangkatropolitan.multiply.com/photos/album/70/candi_tugu_Candi_di_Kota_Semarang
- http://andithimbu.com/2009/03/16/vandalism-dan-kurangnya-perhatian/
- http://community.kompas.com/read/artikel/591
- http://rantingsbymm.blogspot.com/2007/01/exporting-creativity-not-just-labour.html

No comments:

Post a Comment