Thursday, July 1, 2010

Sebuah catatan kehidupan (1) - Don't Judge the book by it's cover -

Taken From my old Facebook's Note (Friday, April 17, 2009 at 10:46pm)

well.. gw tadi iseng-iseng nyoba ngedengerin SUSAN BOYLE di youtube.. atas rekomendasi temen kerja..



- http://www.youtube.com/watch?v=gLQi6vv0Ih8

and ternyata.. WOW!!.. I'M SO SPEECHLESS .. what a great voice she has..
klo dari penampilan sih kyknya dia biasa" aja, bahkan terkesan "ndeso"..

hmm... lantas video ke 2 yang gw liat (ini juga rekomen dari temen kantor gw) :



- http://www.youtube.com/watch?v=bHIWBukVrWg

the title is: American Idol Worst Singer Ever! 2009!! Mary's Back!!!!
cewe' cantik tapi..yahh.. bisa dibilang weird.. ^^!!
and i think she must go to some psychology counselor or somethin' like that ^^!!

note: gw baru tau belakangan kalo ini adalah video parodi doang ^^!!

well.. bisa kita simpulkan..

perbedaan antara susan boyle (yang ndeso & jelek) VS Mary (yang cantik tapi weird)..

kadang-kadang di kehidupan kita selalu melihat seseorang & segala sesuatunya dengan sebelah mata..
kadang tidak jarang kita dengan enteng memandang kekurangan orang dengan cemoohan & tatapan menghina..

kadang, kita juga sangant sering memberikan penilaian sangat-sangat rendah yang dimata kita orang itu sangat aneh..

hal ini pernah gw alami sendiri..


(bapak yang disebelah kanan gw itu (pak Sunar), punya grup jathilan.. & mereka pernah dipanggil buat tampil di jepang lho!!)




2 foto di atas itu masa-masa gw pernah jadi kuli bangunan & tukang cuci motor & mobil..

-temen gw (kepergok waktu pulang kerja pake sepeda onthel): " kok mw sih lu ngelakuin kerjaan hina kyk gitu.."

- ade" cewe gw (ketauan pas gw buka" file foto ini) : "lu gila ya mas, ntar klo papa mama tau gimana?"

well.. alasannya sederhana sih..

suatu hari di kraton, sewaktu gw belajar tentang dunia wayang (arjuna kelana) & sejarah kearifannya.. gw nyeletuk bertanya kyk gini ke guru budaya gw..:
- romo, gimana sih caranya agar kita bisa mengetahui sifat asli orang" & tanggapan orang" ke kita, tanpa kebohongan & apa adanya..?

guru budaya gw bilang kyk gini:
- klo kamu mau mengetahu itu, jadikanlah derajat dirimu serendah-rendah orang... tanpa atribut harta,tahta, kerupawanan,pendidikan, & wajah blaster mu itu, ngger..("ngger", panggilan sayang buat anak lelaki)

so.. berangkat dari situ akhirnya gw jd kepengen kyk apa sih tanggapan orang" ke gw, klo gw menjadikan diri gw serendah" mungkin..

ternyata... banyak hal yg gw alami..



awalny yang gw kira itu berat, ternyata kaga berat-berat amat.. bahkan gw bisa belajar banyak dari orang" yg "tadi"nya gw anggap hina..

ternyata gw tidak lebih baik dari" temen-temen satu kerja wktu gw jd kuli bangunan..
bahkan gw bisa belajar banyak tentang kehidupan dari mereka..

Pak Sunar misalnya, bahkan gw tidak menyangka ternyata grup jathilan pimpinan beliau pernah manggung di jepang!!.. bahkan beliau pernah diminta dibuatkan wayang khusus untuk tamu negara..(beliau bercerita sambil menunjukkan sebuah foto yang ada di dompet lusuhnya, foto grup jathilan yang dipimpinnya waktu manggung di jepang)

hal yang paling menyenangkan itu, sewaktu istirahat siang.. betapa nikmatnya makan bareng dengan para pekerja itu.. tawa & canda mereka bener" jujur & apa adanya.. dan itu adalah makan siang terenak yang pernah gw rasakan.. betapa terik mentari bisa membuat gw berpikir, betapa berharganya seteguk air minum disaat-saat panas terik yang membara yg tepat berada di atas kepala..

-sebagian dari mereka,kadang ada yang bertanya seperti ini: "moso' sih mas, wajah bule jadi kuli"..

-atau sewaktu gw istirahat makan siang,didekat sebuah smu yg berbarengan istirahat, yang berdekatan di tempat gw kerja nguli, mereka kadang berbisik:" masa' ganteng-ganteng jadi kuli.."

gw cuma senyum-senyum doang ^^!!.. atau mungkin gw yg GR kali yah :D

kisah" hidup mereka yang penuh warna demi mencari sesuap nasi & biaya hidup untuk keluarga, membwt gw berpikir, betapa sangat beruntungnya hidup gw.. wlwpn dari lahir gw udh disebut "lonely-wolf sugyosa" sama kakek jepang gw...



gw masih bisa makan, sekolah, maenan internet, nge-date dgn cewe" cantik, hangout bareng" dgn temen" gw.. sementara orang laen,jangan kan buat sekolah, mau makan 1 kali sehari aja susahnya minta ampun..



gw yang tadinya sempet berpikir, mungkin cuma gw yang punya masalah paling berat, ternyata tidak sebanding perjuangan hidup mereka.. yang walaupun susah,tapi tetap dijalani dengan niat & semangat..dibalik canda tawa mereka yang hangat, gw tau pastinya mereka dalam hati pasti tertawa getir kalo inget dengan keluarga mereka..

terkadang, pas istirahat siang, gw sering menyendiri memandang temen" satu kerja dari kejauhan.. merenung & betapa gw SANGAT MALU!!.. MALU dengan diri gw sendiri.. gw yang masih lebih beruntung dari mereka malah lelet gini..gw yang masih sering seneng-seneng menghamburkan duit yang kadang larinya gak tau kemana..

tanpa sadar gw airmata gw keluar,menerawang hidup yang udah gw laluin (with bad-and good) dan berpikir..apa sih yang udh gw lakuin untuk hidup ini..??

saat yang paling indah buat temen-temen pekerja (dan juga gw) yaitu waktu nerima gaji ^^!
rasa penat & lelah serta rasa panas dalam bekerja dibawah teriknya mentari, seketika menjadi hilang & lenyap..

yaaahh.. walaupun gajinya kaga seberapa..



dan lebih nikmat lagi, pulang kerja dengan ngonthel sepeda melewati alun-alun utara kraton jogjakarta dan bersantai menikmati teduhnya sore hari di alun-alun utara kraton jogjakarta dengan segelas es cendol yang gw bayar pake gaji dari kerja nguli...

well.. the point is..

manusia itu gak ada yang sempurna,kadang bisa bener kadang bisa salah..

so..DON'T JUDGE THE BOOK BY IT'S COVER..

karena belum tentu kita lebih baik dari mereka yang kita hina dan rendahkan itu..

mending kita ngaca diri sendiri.. sudahkah kita menemukan arti hidup ini.. sudah benerkah hidup yang kita jalani ini..

bahkan mobil ferarri pun butuh kain lap supaya tetap bersih, bukan...

ps: tulisan ini gw buat bukan untuk menyombongkan diri, gw hanya ingin berbagi, & buat siapa aja yang ngebaca, moga" bisa bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment